Kamis, 11 September 2014

ALAYISASI



               Dunia, Khususnya Indonesia kini tengah dilanda kemajuan teknologi, ya Sejak abad awal 20-21. Bukti Kemajuan itu diantaranya munculnya berbagai Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan Blackberry Masenger (BBM). Semua Sosial media itu juga didukung dengan kemajuan sarana peng-aksesnya, Sebut Saja GADGET. Dulu, mungkin saat saya sendiri masih duduk di kelas 1 SD, Orangtua saya belum punya yang namanya GADGET, Padahal keluarga kami sendiri bukanlah keluarga “miskin”. GADGET merupakan barang yang di lingkungan kami termasuk langka. Kalaupun ada, hanya yang berlayar Monochrome alias hitam putih. Orang Tuaku baru punya HP, waktu aku sendiri duduk di kelas 3 SD. Dari Layar “Monochrome”, kecanggihan HP meningkat menjadi HP layar Warna, Lalu meningkat lagi menjadi HP yang berkamera meskipun Cuma kualitas VGA. Lalu Zaman beralih ke Gadget-gadget yang tombolnya QWERTY, maka Blackberry  Sangat digandrungi saat itu. Lalu brand-brand asal China ikut meramaikan pasar Gadget yang tombolnya QWERTY.
                Saat ini, Zaman  beralih ke Gadget Layar sentuh dengan Sistem operasi Android, Ios, Windows, atau Blackberry. Dengan Sistem operasi inilah Handphone handphone jaman sekarang mendadak menjadi Cerdas. Informasi – informasi apapun bisa kita dapatkan di Handphone Pintar ini. Semua golongan usia-pun sangat ini gemar memakai Handphone pintar, mulai dari balita, sampai yang tua. Nah, Parahnya ketika Anak-anak yang masih usia 6 tahun ke atas “gila” dengan Gadget ini. Hampir semua anak-anak yang ekonomi orang tuanya berada di kelas menengah ke atas sudah memiliki Gadget, yah mereka memilikinya pastinya karena Game-game yang disediakan oleh Sistem Operasi HP ini lumayan menarik perhatian mereka. Akibatnya, Anak-anak zaman sekarang tahunya Cuma Gadget *sebut saja Tablet, smartphone. Mereka kini tak tahu lagi permainan-permainan saat saya sendiri seumuran mereka. Sebut Saja Main Kelereng, Kenja’, Sallo, Boi,Bom  dan permainan-permainan lain yang menguras keringat.
               
               Itu untuk Kelas anak-anak yang umurnya 6 tahun hingga 9 Tahunan. Yang sudah Remaja, juga Ikut gila dengan Gadget, Gila dengan Sosmed yang ditawarkan oleh HP-hp canggih ini. Nahh, dari Sosmed ini, dibarengi dengan Semakin merebaknya Sinetron-sinetron remaja yang merusak moral para generasi muda, muncullah istilah-istilah yang di zaman sekarang  yang mendadak menjadi Trending Word. Ada kata : Galau, yaitu kata untuk orang yang sedang dilanda kegelisahan jiwa dan keresahan hati, Woles kata lain untuk Ikhlas, OMG Hello yang dulu biasanya orang mengatakan Maa syaa Allah, sampai kata Bingitss yang artinya Banget, OTW buat orang yang sedang dalam perjalanan, GWS buat orang yang sedang sakit, atauu kata Jomblo buat yang tak punya pasangan kekasih, dan masih banyak kata yang menjadi trending word di zaman sekarang yang kesannya Alay. Dan Mungkin di zaman-zaman mendatang dengan Kemajuan teknologi yang pesat Kata-kata seperti kata diatas akan merajai Indonesia pada khususnya. Nah selain dengan merebaknya kata-kata Alay seperti itu, dengan Gadget Canggih kini, Para Kaum hawa juga terkena virus dari Gadget canggih saat ini. Karena Gadget canggih saat ini juga tidak hanya dilengkapi dengan Sistem Operasi yang canggih, tapi juga Kamera yang tidak hanya tersedia di belakang, tapi juga di depan. Nah, dengan Kamera depan inilah, memudahkan Kaum hawa Gila foto dengan Gadgetnya. Gila foto masih wajar, namun kali ini Gila foto disertai dengan pose-pose yang bisa dibilang kurang wajar, Mulut Monyong, Mata Tertutup, atau meletakkan jari Telunjuk di depan Bibir sambil monyong lalu memakai kacamata Cupu. Hehe. Ditambah Lagi, munculnya Tongsis alias Tongkat Narsis, yang semakin memudahkan mereka yang suka foto diri sendiri, bahasa masa kininya  “SELFIE”. Fenomena Gifo dan Selfie memang mengherankan, dan yang memprihatinkan, mereka yang kesehariannya berhijab, Kadang Selfie tanpa memakai Hijab mereka lalu di-share di Sosmed.

            Dengan Fenomena-fenomena ini Maka tidaklah salah kalau Indonesia kini dilanda sebuah proses yang disebut ALAYISASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar